Perlukah Ganti Oli Mesin Jika Mobil Jarang Digunakan?

Banyak pemilik yang tidak menggunakan mobilnya sebagai transportasi sehari-hari untuk melakukan kegiatan rutin. Mereka lebih nyaman menggunakan transpotasi umum untuk sampai di kantor atau tujuan lain. Alhasil, mobil yang ada di rumah hanya berjalan ketika dibutuhkan saja. Biasanya untuk plesiran bersama keluarga di ujung minggu.

Pemilik mobil kerap beranggapan bahwa mobil akan lebih awet karena jarang digunakan. Padahal anggapan itu tidak benar adanya karena mobil yang jarang dipakai tetap membutuhkan pemanasan mesin. Hal ini penting karena semua komponen mobil harus berjalan sesuai dengan fungsinya.

Perlukah Ganti Oli Mesin Jika Mobil Jarang Digunakan?

Perlu diketahui, mobil yang jarang dipakai malah butuh lebih banyak perhatian. Pemilik kerap tidak paham bagaimana kondisi mobil karena lama didiamkan. Fokus kepada pelumasan mobil, walau sering tak dipakai, oli mobil tetap perlu diganti.

Mengacu pada buku panduan mobil, oli harus diganti sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Contohnya ketika mobil tidak digunakan lebih dari 6 bulan, oli mesin tetap perlu diganti karena banyak kotoran yang mengendap di bagian dasar mesin. Biarpun jarak tempuhnya masih sedikit, hal ini penting dilakukan.

Bukan cuma itu, penggantian oli sangat penting karena kondisi oli dapat berubah. Oli sangat mungkin tercampur dengan uap air akibat suhu di luar atau zat lain yang bisa mempengaruhi kinerja masin saat digunakan. Pemilik juga harus memperhatikan volume oli karena berkurangnya volume oli bisa disebabkan banyak hal.

Pada mobil lawas, sangat mungkin terjadi kebocoran atau karena adanya komponen mesin yang membuat oli ikut terbakar. Untuk mengecek oli di mobil bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Bila perlu ditambahkan, pastikan memakai merek dan jenis oli yang sama dengan yang ada di mobil.

Dari penjabaran di atas, jelas mobil yang jarang digunakan tidak berarti mobil jadi lebih awet. Pada dasarnya komponen mesin harus difungsikan secara konstan. Tidak perlu dibebankan secara berlebihan, namun tidak juga didiamkan saja. Akan lebih baik mobil digunakan sesekali atau setidaknya luangkan waktu untuk menyalakan mesin kurang lebih 2-3 menit setiap pagi.

Baca Juga : Hindari Salah Memilih Oli dengan Membaca Tips Berikut

Hal ini dirasa penting untuk menjaga mesin dari suhu dingin di malam hari yang dapat meningkatkan kelembaban di mobil. Bukan tidak mungkin bila diabaikan menyebabkan korosi pada bagian tertentu.

#Perlukah #Ganti #Oli #Mesin #Jika #Mobil #Jarang #Digunakan

Source deltalube. com